Pertumbuhan  signifikan penjualan sepeda motor dari tahun ke tahun, menunjukkan  besarnya potensi pangsa pasar otomotif Indonesia. Penjualan motor  nasional sepanjang semester pertama 2010, mencapai 3.599.322 unit setara  dengan 61,5 persen pada 2009. Di penghujung tahunlalui, diperkirakan  penjualan motor akan melampaui penjualan pada 2009. Hal ini, tentunya  turut berimbas pada peningkatan penjualan  spare part motor.

Menurut  Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi  Sinduwinata, ”Angka penjualan kita sudah bagus, bahkan di tahun  2013-2014 pasar kita bisa sampai 10 juta  unit,” paparnya.  Saat ini, Indonesia adalah pasar terbesar urutan ketiga di dunia, di  bawah China dan India. Pasar kita sangat diperhatikan pabrikan-pabrikan  motor dunia.
Naiknya  permintaan terhadap kendaraan roda dua ini, turut pula mendongkrak  penjualan suku cadang (sparepart motor). Terlebih menjelang hari raya  seperti Lebaran. Karena banyaknya jumlah pemudik yang menggunakan sarana  ini. Para pedagang suku cadang sepeda motor berbagai merk mengalami  panen yang luar biasa. Permintaan suku cadang mengalami grafik  peningkatkan hingga 25-50% dibandingkan hari biasa. Membaiknya pasar  otomotif nasional sepanjang tahun ini, menjadi berkah juga bagi produsen  suku cadang dalam negeri seperti PT. Astra Otoparts Tbk. Anak  perusahaan Astra Group yang bergerak di sektor industri suku cadang  kendaraan roda empat dan roda dua ini, hingga semester I-2010 lalu telah  mencatat angka penjualan sebesar Rp. 3 triliun. “Pertumbuhan pasar  otomotif nasional tahun ini memang berkembang di luar prediksi yang ada.  Jumlah pertumbuhan
pasar  otomotif sendiri berbanding lurus dengan penjualan komponen. Kalau  mereka naik, kami juga naik,” ujar Direktur PT. Astra Otoparts Tbk  Widodo
Temukan info lebih banyak lagi seputar  spare part motor
 
 
 
 
